Pasang Iklan

ads ads ads ads ads ads

Tuesday 29 November 2011

Intermittent Exercise

      Hasil-hasil   penelitian yang mempelajari hubungan antara konsumsi karbohidrat pada olahraga  intermittent / stop & go atau multi sprints juga menyimpulkan bahwa  karbohidrat yang dikonsumsi akan berperan dalam mempertahankan level glukosa darah (blood glucose)  sehingga dapat memberikan kontribusi  terhadap  laju produksi energi di dalam otot.  Tambahan energi  yang diperoleh dari glukosa darah ini diperkirakan dapat berfungsi sebagai pembatas  pemakaian glikogen otot atau juga  dapat  berfungsi sebagai katalis pada  proses resintesis glikogen selama interval istirahat 

       Salah satu dari contoh  penelitian yang mempelajari pengaruh konsumsi karbohidrat dalam intermittent exercise adalah penelitian yang dilakukan oleh C.W. Nicholas dan C. Williams seperti yang telah diterbitkan dalam  Journal of Sports Science pada  tahun 1995. Pada penelitian ini, subjek yang digunakan adalah 9 atlet sepakbola yang melakukan 2 kali  latihan  simulasi aktivitas  atletik seperti yang terjadi dalam olahraga beregu seperti sepakbola, rugby atau bola basket.  

       Sesi latihan ini terpisah dalam interval  7 hari dan pada tiap sesi latihannya   subjek akan   diberikan air putih yang ditambahkan  karbohidrat dan larutan pembanding non-karbohidrat. Larutan tersebut kemudian dikonsumsi sebanyak 5 ml / kg berat badan sebelum latihan berlangsung dan tiap 15 menit dengan volume  2 ml /kg berat badan selama latihan berlangsung. Sesi latihan ini terdiri dari 15 menit sprint, 15 menit jogging, 15 menit berjalan dan 15 menit istirahat dan  dilanjutkan dengan periode intermittent running pada 55% dan 95% VO2  Max sampai subjek merasa  letih. Hasil dari penelitian tersebut kemudian memperlihatkan bahwa subjek yang mengkonsumsi air putih yang tambahkan  dengan  karbohidrat dapat berlari 33% atau 2.2 menit lebih lama (8.9 vs 6.7 menit) jika dibandingkan ketika menkonsumsi larutan pembanding non-karbohidrat.

Sumber :  Nutrisi, Energi & Performa Olahraga Oleh M. Anwari Irawan (2007)
 

No comments:

Post a Comment