Pasang Iklan

ads ads ads ads ads ads

Thursday, 19 November 2009

RPP Tenis Meja SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTs : S M P …………………………………
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII(Ganjil )
Standar Kompetensi
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
Mempraktikkan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan kombinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
Indikator
Psikomotor
• Melakukan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Alokasi Waktu : 2 x 2 x 40 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar memegang raket yang baik untuk servis dan pukulan forehand dan backhand dengan benar
b. Siswa dapat bermain bulu tangkis dengan dengan peraturan yang dimodifikasi dengan benar
B. Materi Pembelajaran
Permainan Tenis Meja
• Teknik dasar memegang bet untuk servis dan pukulan forehand dan backhand
• Bermain bulu tangkis menggunakan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode Pembelajaran
- Pertemuan 1 = penugasan
- Pertemuan 2 = resiprokal/timbal-balik
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
1 Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2 Kegiatan Inti (45 menit)
• Melakukan kombinasi yang baik teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
 Melakukan pukulan forehand dan servis bola tanpa bet di tempat (berpasangan/berkelompok)
 Melakukan pukulan forehand dan servis bola tanpa bet bergerak ke samping, depan dan belakang (berpasangan/berkelompok)
 Melakukan pukulan forehand dan servis bola menggunakan bet di tempat (berpasangan/berkelompok)
• Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
­ guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
­ siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
­ siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
­ siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri
­ bagi siswa yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
­ bagi siswa yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.
• Bermain bulutangkis dengan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok untuk menanamkan nilai kerja sama, kejujuran, dan menghormati lawan
3 Penutup (20 Menit)
• Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
1 Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2 Kegiatan Inti (45 menit)
• Melakukan kombinasi yang baik teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
 Melakukan pukulan forehand dan servis bola menggunakan bet di tempat (berpasangan/berkelompok)
 Melakukan pukulan forehand dan servis bola menggunakan bet bergerak ke samping, depan dan belakang (berpasangan/berkelompok)
 Melakukan pukulan forehand dan servis bola menggunakan bet bergerak ke samping, depan dan belakang formasi berbanjar
• Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
­ guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
­ siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
­ siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
­ siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri
­ bagi siswa yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
­ bagi siswa yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.
• Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
­ guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan
­ guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
­ siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
­ siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
­ siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
• Bermain bulutangkis dengan peraturan yang dimodifikasi1lawan 1 dan dilanjutkan 1lawan 2 menggunakan teknik pukulan forehand, pihak yang bolanya banyak mati dianggap kalah (dilakukan ( + 4 – 5 menit) untuk bergantian dengan teman yang lain.
3 Penutup (20 Menit)
• Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Bola, Net, Tiang, Raket,
- Buku teks
- Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta : Erlangga
- Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
D. Penilaian
1. Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan koordinasi yang baik teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan pukulan dan servis
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 50
Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):
Mainkan permainan bulutangkis dengan peraturan yang telah dimodifikasi dengan menekankan pada nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 30
Jumlah skor maksimal
- Kuis/embedded test (kognisi):
- Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak koordinasi yang baik teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan pukulan dan servis
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN TENIS MEJA
Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4
Koordinasi Yang Baik Teknik Dasar Pegangan Raket Untuk Pukulan Forehand, Backhand dan Servis
1 Posisi awal tangan memegang bet seperti berjabatan tangan dan posisi awal kaki dibuka selebar bahu (melangkah)
2 Gerakan lengan melakukan pukulan forehand/servis mengayun bet kearah bola dan posisi lengan menghadap arah gerakan
3 Posisi awal tangan memegang bet seperti berjabatan tangan dan posisi awal kaki dibuka selebar bahu (melangkah)
4 Gerakan lengan melakukan pukulan backhand/servis mengayun bet kearah bola dan posisi lengan membelakangi arah gerakan
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS
PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )
1. Bekerja sama dengan teman dalam melakukan kegiatan
2. Toleransi/menghargai lawan
3. Percaya diri/keberanian( bersungguh-sungguh dalam bermain)
4. Bersedia berbagi tempat dan peralatan
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 4
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS
Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4
1. Bagaimana posisi Awal kaki saat kamu melakukan pukulan/servis forehand dan backhand
2. Bagaimana posisi tangan yang benar pada saat melakukan pukulan/servis forehand?
3. Bagaimana posisi tangan yang benar pada saat melakukan pukulan/servis backhand?
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12

No comments:

Post a Comment

Post a Comment