Pasang Iklan

ads ads ads ads ads ads

Thursday, 19 November 2009

RPP Renang Gaya BebasSMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTs : S M P …………………………………
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII (Ganjil)
Standar Kompetensi
Mempraktikan teknik dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
Kompetensi Dasar
1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas serta nilai disiplin
Indikator
Psikomotor
• Melakukan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas
• Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya be-bas
• Melakukan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas
• Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar gerakan lengan renang gaya bebas
• Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar gerakan pernafasan renang gaya bebas

Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, keberanian dan kebersihan
Alokasi Waktu : 2x 2 x 40 menit (1x pertemuan
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas, dengan benar
b. Siswa dapat melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas, dengan benar
c. Siswa dapat melakukan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas, dengan benar
d. Siswa dapat melakukan teknik dasar renang gaya bebas, dengan benar
B. Materi Pembelajaran
Renang Gaya Bebas
­ Gerakan kaki renang gaya bebas
­ Gerakan lengan renang gaya bebas
­ Gerakan pernafasan renang gaya bebas
­ Renang gaya bebas
BMetode Pembelajaran
- Pertemuan 1 = penugasan
- Pertemuan 2 = resiprokal/timbal-balik
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
2 Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan/pembukaan
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2 Kegiatan Inti (45 menit)
• Melakukan teknik dasar renang gaya bebas , dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
 Melakukan teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas (perorangan/berkelompok)
 Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas (perorangan/berkelompok)
 Melakukan teknik dasar gerakan pernafasan renang gaya bebas (perorangan/berkelompok)
• Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
­ guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
­ siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
­ siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
­ siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.
• Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
­ guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan
­ guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
­ siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
­ siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
­ siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
• Lomba renang gaya bebas dengan peraturan yang dimodifikasi
3 Penutup (20 Menit)
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
1 Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan/pembukaan
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2 Kegiatan Inti (45 menit)
• Melakukan teknik dasar renang gaya bebas , dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
 Melakukan teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas (perorangan/berkelompok)
 Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas (perorangan/berkelompok)
 Melakukan teknik dasar gerakan pernafasan renang gaya bebas (perorangan/berkelompok)
 Melakukan renang gaya bebas
• Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
­ guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
­ siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
­ siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
­ siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.
• Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
­ guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan
­ guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
­ siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
­ siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
­ siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
• Lomba renang gaya bebas dengan peraturan yang dimodifikasi
• Lomba dilakukan pada kolam cetek/dangkal
• Dilakukan secara berkelompok
• Lakukan gerakan kaki renang gaya bebas, menempuh jarak 25 m
3 Penutup (20 Menit)
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- ATK
- Ruang terbuka/lingkungan sekolah
- Buku teks
- Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta : Erlangga
- Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
B. Penilaian
1. Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan teknik dasar renang gaya bebas
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 50
Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):
Melakukan renang gaya bebas dengan memperhatikan disiplin, keberanian dan kebersihan
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 30
Jumlah skor maksimal
- Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep renang gaya bebas
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
3. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR MELAKUKAN RENANG GAYA BEBAS
Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4
1 Gerakan kaki memukul permukaan air dengan posisi pergelangannya diluruskan
2 Gerakan lutut kaki saat melakukan gerakan kaki renang gaya bebas tertekuk
3 Bentuk gerakan renang mengangkat sikut dan meluruskan lengan ke depan
4 Bentuk gerakan saat melakukan pernafasan memutar leher ke samping atau kanan
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM RENANG GAYA BEBAS
PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )
1 Kerjasama (saling membantu )
2 Tolong menolong
3 Memperhatikan keselamatan dalam perjalanan
4 Menjaga kebersihan lingkungan (tidak buang sampah sembarangan
Jumlah
Jumlah skor maksimal = 4

No comments:

Post a Comment

Post a Comment