Pasang Iklan

ads ads ads ads ads ads

Thursday, 19 November 2009

RPP Lempar Lembing Langkah Jingkat SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTs :SMP........................................................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII(Ganjil)
Standar Kompetensi
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
Mempraktikan ko mbinasi teknik da sar salah satu permainan dan olah raga lanjutan dengan baik serta nilai kerjasama , toleransi , percaya diri, keberanian, menghargai lawan,bersedia berbagi tempat dan peralatan **)
Indikator
Psikomotor
• Melakukan teknik dasar memegang lembing
• Melakukan kombinasi tehnik dasar lempar lembing (memegang lembing, posisi awal melempar, dan gerak ikutan)
• Melakukan lomba melempar lembing dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk kombinas teknik dasar memegang lembing, posisi awal melempar, dan gerak ikutan
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Alokasi Waktu : 2x 2 x 40 menit (2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan teknik dasar memegang lembing, dengan benar
b. Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar awal melempar, lemparan dan gerak ikutan, dengan benar
c. Siswa dapat melakukan lomba lempar lembing dengan peraturan yang dimodifikasi, dengan benar
B. Materi Pembelajaran
Lempar Lembing Langkah Jingkat
­ Teknik dasar memegang lembing
­ Kombinasi tehnik dasar lempar lembing (memegang lembing, posisi awal melempar, dan gerak ikutan)
­ Lomba melempar lembing dengan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode Pembelajaran
- Pertemuan 1 = penugasan
- Pertemuan 2 = resiprokal/timbal-balik
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
1 Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2 Kegiatan Inti (45 menit)
• Melakukan teknik dasar awal melempar lembing dan memegang, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
Alat menggunakan
bolakecil/tongkat
 Melakukan teknik dasar memegang lembing dan membawa di tempat (berpasangan/berkelompok)
 Melakukan teknik dasar membawa lembing dengan satu tangan sambil bergerak jalan/jogging (berpasangan/berkelompok)
 Melakukan teknik dasar melempar lembing menggunakan dua tangan dari atas kepala (berpasangan/berkelompok)
• Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
­ guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
­ siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
­ siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
­ siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.
• Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
­ guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan
­ guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
­ siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
­ siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
­ siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
• Lomba menolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
3 Penutup (20 Menit)
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
1 Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2 Kegiatan Inti (45 menit)
• Melakukan kombinasi teknik dasar awal melempar, lemparan dan gerak ikutan, , dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
 Melakukan teknik dasar melempar lembing menggunakan dua tangan dari atas kepala di tempat (berpasangan/berkelompok)
 Melakukan teknik dasar melempar lembing menggunakan satu tangan dari atas kepala di tempat (berpasangan/berkelompok)
 Melakukan teknik dasar melempar lembing menggunakan satu tangan dari atas kepala sambil jogging (perorangan/berpasangan/berkelompok)
 Melakukan teknik dasar melempar lembing menggunakan satu tangan dari dari posisi menyamping (perorangan/berkelompok)
• Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
­ guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
­ siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
­ siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
­ siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri
­ bagi siswa yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
­ bagi siswa yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.
• Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
­ guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan
­ guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
­ siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
­ siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
­ siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
• Lomba lempar lembing dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
3 Penutup (20 Menit)
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Bendera start dan finish
- Buku teks
- Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta : Erlangga
- Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
D. Penilaian
1. Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan teknik dasar melempar lembing gaya menyamping
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 50
Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):
Lakukan teknik dasar lomba lempar lembing gaya menyamping dengan peraturan yang telah dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 30
Jumlah skor maksimal
- Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam teknik dasar melempar lembing
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR MELEMPAR LEMBING GAYA MENYAMPING
Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4
1. Arah gerakan lengan saat melempar lembing ke depan atas
2. Posisi badan saat akan melempar lembing menyamping arah gerakan
3. Pelepasan lembing dari pegangan tangan setelah posisi lengan lurus ke depan atas
4. Posisi badan dibawa ke depan setelah melempar lembing
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM MELEMPAR LEMBING GAYA MENYAMPING
PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )
1. Bekerja sama dengan teman dalam melakukan kegiatan
2. Toleransi/menghargai lawan
3. Percaya diri/keberanian( bersungguh-sungguh dalam bermain)
4. Bersedia berbagi tempat dan peralatan
Jumlah
Jumlah Skor Maksimal = 4
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP MELEMPAR LEMBING GAYA MENYAMPING
Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4
1. Bagaimana bentuk gerakan lengan saat melempar lembing?
2. Bagaimana bentuk gerakan pinggang saat melempar lembing?
3. Bagaimana posisi badan yang benar setelah melempar lembing ?
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12

No comments:

Post a Comment