Pasang Iklan

ads ads ads ads ads ads

Monday 21 June 2010

Pengertian Belajar


1. Belajar sebagai penguatan respon. Pandangan ini berkembang cukup lama hingga tahun 1950 dan mencapai puncaknya ketika perang dunia II. Menurut pandangan ini, belajar terjadi apabila mahasiswa memperkuat atau memperlemah suatu asosiasi antara stimulus dan respon. Teori ini mendasarkan diri pada hasil percobaan dengan binatang sebagai obyek terteliti. Peranan mahasiswa menurut pandangan ini, adalah pasif menerima penghargaan dan hukuman. Peranan guru adalah mengadministrasikan penghargaan atau hukuman, seperti dalam latihan dan praktik. Peranan perancang pembelajaran adalah menciptakan lingkungan agar dapat membangkitkan respon-respon mahasiswa dan menyiapkan umpan balik.

2. Belajar sebagai pemerolehan pengetahuan. Belajar terjadi apabila mahasiswa dapat menyimpan informasi baru di dalam memori jangka panjang. Pandangan ini berkembang pada tahun 1950 hingga 1970-an yang mendasarkan diri pada hasil penelitian dengan manusia sebagai obyek dalam artificial setting. Peranan mahasiswa adalah pasif menerima informasi, tugas guru adalah menyajikan informasi secara tekstual melalui ceramah. Menurut pandangan ini, informasi dapat ditransmisikan secara langsung dari guru ke mahasiswa. Peranan perancang pembelajaran adalah menciptakan lingkungan di mana para mahasiswa diekspos sejumlah informasi, seperti dalam buku teks, perkuliahan, dan program multimedia berbasis komputer.

3. Belajar sebagai konstruksi pengetahuan. Belajar terjadi apabila mahasiswa secara aktif mengkonstruksi pengetauan dalam memori kerja. Pandangan ini berkembang sejak tahun 1980 hingga 1990-an yang mendasarkan diri pada hasil penelitian dengan manusia sebagai obyek dalam setting yang realistik. Menurut pandangan ini, mahasiswa adalah pencipta gagasan, guru adalah pemandu kognitif yang menyediakan bimbingan dan pemodelan pada tugas-tugas akademik yang otentik. Peranan perancang pembelajaran adalah mengkreasi lingkungan di mana para mahasiswa berinteraksi secara bermakna dengan materi akademik, meliputi percepatan proses-proses yang dilalui, antara lain selecting (S), organizing (O), dan integrating (I) terhadap informasi yang diterima.

No comments:

Post a Comment