Pasang Iklan

ads ads ads ads ads ads

Saturday 7 May 2011

Rajin Olahraga Terbukti Meningkatkan Mood

Berolahraga untuk membakar lemak tak hanya baik bagi kesehatan tubuh tetapi juga baik untuk pikiran. Menurut sebuah studi, olahraga yang intensif bisa meningkatkan mood atau suasana hati, sedangkan olahraga yang tingkatnya biasa-biasa saja tidak dapatmeningkatkan mood

Peneliti dari Departemen Gerak Badan dan Ilmu Olahraga Universitas Manchester Metropolitan, Inggris meneliti pengaruh olahraga. Mereka meneliti 11 orang yang diminta olah raga jalan kaki selama 20 menit. Mereka dibagi dalam dua kelompok, satu diminta melakukannya secara intensif dan satu kelompok lainnya diminta melakukannya secara biasa-biasa saja.

Para peneliti menemukan, para partisipan yang melakukan olahraga secara biasa-biasa saja, tidak menunjukkan perubahan suasana hati. Sementara mereka yang melakukan olahraga lebih berat, hingga bernafas dengan berat, suasana hatinya lebih positif. 

"Hasil penelitian ini menunjukkan olahraga intensif memberikan efek perasaan positif," kata Nickolas Smith, salah satu peneliti, yang dikutip oleh harian The Telegraph, Rabu 4 Mei 2011.
 
Para psikiater meyakini suasana hati yang baik dapat muncul setelah olahraga berat. Fenomena ini dipicu terlepasnya endorphins, yakni semacam syaraf pemancar di otak yang membantu meredakan sakit.

Sumber : www.tempointeraktif.com

No comments:

Post a Comment