Pasang Iklan

ads ads ads ads ads ads

Saturday 10 September 2011

Mengapa Tidak Diperbolehkan Berenang Setelah Makan?

Jangan berenang selama satu jam setelah kamu makan adalah nasihat yang baik. jika meloncat ke dalam kolam renang atau laut setelah kamu makan maka kamu akan mengalami kejang otot atau kram dan beresiko tenggelam.

Kunci untuk memahami resiko ini adalah tubuhmu akan selalu bekerja untuk menjaga kebutuhan energinya. mengacaukan kebutuhan energi dapat mengakibatkan suatu masalah. ketika kamu berolahraga, sistem susunan saraf simpatitekmu, yaitu bagian dari susunan saraf automatik atau autonomikmu (saraf otak, saraf tulang belakang) merangsang uarat-urat saraf ke jantungmu dan pembuluh darah. perangsang saraf ini menyebabkan pembuluh darah berkontraksi atau tertarik. penarikan ini meningkatkan ketahanan pembuluh darah pada jaringan itu, dan mengurangi aliran darah ke jaringan urat-urat saraf tersebut. otot-otot yang bekerja juga menerima perintah supaya pembulu darah berkontraksi, tetapi hasil samping metabolisme yang dihasilkan di dalam otot-otot menolak perintah ini, dan menyebabkan pembuluh darah membesar. jadi, jika kebanyakan, bagian tubuhmu mendapatkan perintah untuk memotong aliran darah. darah yang semestinya mengalir ke organ-ogan tubuhmu akan menuju ke otot-ototmu. tubuhmu akan mengambil darah dari satu organ dan mengalirkannya ke organ-organ yang lain. tidak akan menjadi masalah jika organ-organ seperti perut atau ginjal mendapatkan sedikit darah ketika sedang tidak bekerja.

akan tetapi, bagaimana jika salah satu dari organ-organ ini memerlukan darah untuk melakukan pekerjannya?jika baru saja selesai makan, makanan di dalam perut mulai dicerna. hal ini memerlukan lebih banyak darah untuk dikirim keperut dan ususmu. sekarang kamu berada dalam satu situasi didalam sistem pencernaan dan otot-otot bekerja. keduanya bersaing untuk meningkatkan permintaan darah  hasil tidak satupun dari kedua sistem itu mendapatkan cukup darah untuk memenuhi kebutuhannya dan urat-urat mulai kram. jika kamu berda didalam air, kram akan menjadi masalah yang serius dan meningkatkan resiko untuk tenggelam. jika kamu menunggu selama kira-kira satu jam agar proses pencernaan berjalan dan makanan meninggalkan perutmu resiko mendapatkan kram menurun.

Sumber : Buku Penerbit Pakar Raya Bandung  Tahun 2003 (Berapakah Berat Bumi?)

1 comment:

Anonymous said...

ya alloh design blog nya alay bet

Post a Comment